Drag Setting

Fungsi dari pada drag pada reel anda di design untuk memberikan resistansi kepada ikan disaat ikan meminta line. Anda harus ngeset drag anda sesuai dengan peralatan , kekuatan anda , kekuatan drpd joran dan kekuatan drpd line yg anda pergunakan.
Peralatan: ketahuilah selalu akan kekuatan drpd joran anda yg biasa tertera pada joran anda dengan tulisan MAX DRAG, dalam hal ini banyak juga produsen 2xjoran yg tidak mencantumkan max dragnya di joran yg diproduksinya, anda bisa membuka internet dan mengeceknya (brand tertentu), tanyalah kepada toko yg jual akan maximum drag.


Banyak sekali joran joran yg memiliki max drag yg luar biasa tinggi 20 kg bahkan ada yg sampai 25kg (diluar joran trolling). Pada umumnya drag maximum pada joran bila terlampau besar ini menandakan bahwa recoiling power drpd joran tersebut kurang bagus. contoh : tipe joran pe8, yg satu mempunyai max drag 15kg dan yg satunya mempunya drag max 22kg, yg sudah pasti drag yg tinggi menandakan kekuatan pada joran tersebut, joran yg ber drag tinggi tidak gampang patah, dan juga mempunyai lengkungan curving yg cukup flexible. akan tetapi joran yg ber drag tinggi juga mempunyai kelemahan tersendiri, kelemahan ini adalah recoiling powernya, anda akan lebih cepat menaikan ikan dengan menggunakan joran yg memiliki recoiling power yg tinggi. Maka dari itu anda harus selalu mengetahui drag maximum drpd joran anda disaat anda menset drag, bila drag drpd reel melebihi kekuatan drpd joran makan resiko drpd patahnya joran juga akan semakin tinggi. Ingat patahnya joran pada umumnya adalah kesalahan drpd angler tersebut, maka dari itu kita harus selalu menguasai kekuatan kekuatan drpd peralatan yg kita pergunakan.
NOTE: 45 derajat biasanya menjadi patokan akan angle yg menjamin drpd kekuatan drag drpd joran 2x pada umumnya. -45 derajat berarti tekanan kejoran yg telah diset oleh reel akan berkurang, sedangkan sebaliknya , 45+ berarti tekanan yg diterima joran pun bertambah.
Power daripada diri anda sendiri,: power dari pada anda sendiri juga menjadi factor akan drag yg akan anda set, setiap angler mempunyai kekuatan, daya tahan, dan juga fighting style yg berbeda, pada umumnya tidak banyak angler yg suka mengecek seberapa banyak drag yg mereka bisa terima, sekalipun anda menggunakan joran yg ber pe 12 dan memiliki max drag 25kg dan anda seorang angler yg berbobot ringan dan tidak mempunyai otot yg kuat maupun kekuatan yg cukup untuk mengimbangi joran tersebut , maka membeli joran tersebut adalah hal yg mubazir. Anda bisa mengukur kekuatan anda sendiri didalam fighting, ingat tidak semua orang itu sama, dan jangan pernah berkecil hati bila anda menaikan ikan 10kg dengan waktu 10 menit sedangkan teman anda menaikan ikan yg berbobot kurang lebih sama dengan waktu yg jauh lebih cepat, inti drpd mancing adalah kenikmatan dan kesuksesan disaat kita bisa mengkandaskan ikan. max drag yg anda bisa terima sangatlah penting didalam fighting ikan, disaat fighting drag yg melebihi drpd kapasitas anda maka akan membuat anda cepat lelah, sedangkan drag yg sangat minim akan membuat anda sangat relax, namun ikanpun akan lebih lama untuk dikandaskan. Semakin banyak fighting semakin kita mengenal akan karakter kekuatan kita, biasakanlah diri anda untuk selalu mengecek drag drpd reel anda setelah fight dengan ikan, dengan cara menarik line anda keluar dr reel yg terakhir anda gunakan untuk menaikan ikan, ini yg biasa menjadi patokan drpd comfort drag yg biasa dipergunakan . pada umumnya bila anda bisa menaikan ikan yg cukup besar tanpa bantuan orang lain ini menandakan bahwa drag anda masih berada dilevel yg comfort bagi anda, dan sebaliknya bila anda meminta bantuan kepada teman anda , ini menandakan bahwa drag yg anda gunakan diluar capasitas anda.

Kekuatan drpd line, 25% - max 30% dari kekuatan line, contoh line 100lbs x 25% = 25 lbs (+- 11kg). bilamana melebihi 30% drpd kekuatan line , maka anda akan memperbesar resiko drpd line break.

Setting your drag:
- pasanglah reel pada joran anda, masukan line dr bawah sampai dengan ring guide yg paling atas.
- peganglah joran pada posisi 45 derajat
- ikatlah ujung benang pada timbangan (spring scale , atau digital scale)
- tarik timbangan untuk mengukur drag , mulai dr drag yg ringan hingga drag yg diinginkan .

Joran reel dan line semua saling mempengaruhi drag setting, semuanya harus saling mengimbangi, contoh tidak ada gunanya bila anda menggunakan joran yg berPE 8 dengan max drag 16 kg bila menggunakan reel yg memiliki drag max 6, ataupun menggunakan line yg berkekuatan kecil, karena drag yg kurang tidak akan memeberikan potensi maupun kesempatan pada joran untuk mengeluarkan performancenya, sedangkan line yg berkapasita kecil juga akan break terlebih dahulu sebelum joran mencapai kekuatan maximalnya. Hal hal seperti inilah yg perlu kita cermati disaat setting drag. Salah satu kegunaan drpd setting drag adalah demi keamanan drpd line, juga joran yg kita gunakan, juga untuk menggunakannya secara maximal, diluar itupun kita akan lebih yakin akan kekuatan drpd alat alat yg kita pergunakan secara aman , tanpa harus memikirkan line break ataupun patahnya joran.